iklan

Senin, 26 Agustus 2019

cara mengetahui perbedaan madu asli dan palsu





1. Tes Madu dengan Air


Coba saja campur madu dengan air jika asli maka tak akan mudah bercampur. Siapkan segelas air lalu masukkan madu. Kalau madu mengambang dan langsung tercampur bisa dikatakan madunya palsu dan mengandung air karena bisa langsung menyatu. 
Sementara jika madunya asli maka tak mudah bercampur dan bila diaduk maka airnya akan terlihat lebih keruh. Hal ini disebabkan karena dalam madu asli ada kandungan sari bunga yang diambil oleh lebah.
Madu memang tepat untuk dijadikan bahan perawatan wajah. Tapi tentu saja madunya harus yang asli ya. Kalau madunya palsu maka khasiat madu tak akan maksimal. Kamu bisa tes keaslian madu dengan air.

2. Percobaan korek api

Keaslian madu juga bisa diuji dengan melumuri ujung korek api kayu dengan madu. Kemudian, gesekkan ujung korek api yang sudah dilumuri untuk menyalakannya. Apabila korek api masih bisa menyala setelah dilumuri madu, maka madu yang digunakan adalah madu asli. Sebaliknya, jika korek api tidak mau menyala, maka kemungkinan besar madu tersebut palsu atau campuran.Membekukan madu
Hypermart Lovers bisa memasukkan madu yang telah dibeli ke dalam freezer atau lemari pembeku. Jika Madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut adalah madu asli. Sebaliknya, apabila madu yang ditaruh membeku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu!
3. Menguji madu dengan kertas

Ada lagi cara membedakan madu asli dengan madu palsu atau campuran. Caranya dengan meneteskan atau menuangkan madu pada kertas kosong. Kemudian cobalah untuk merobek kertas yang sudah dituangkan madu tersebut, Jika kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu tersebut palsu atau sudah ada campurannya.
4. Dengan cara merebus madu menggunakan sendok
Tips terakhir, tips yang paling unik, adalah, merebus madu di atas sendok. Caranya cukup muda, Hypermart Lovers hanya perlu menyediakan 1 buah sendok makan, lalu tuangkan madu tersebut ke dalam sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu diatas lilin atau api. Jika madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok tersebut, maka dapat disimpulkan madu tersebut asli atau murni. Namun, sebaliknya, jika madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut termasuk madu palsu atau madu yang sudah ada campuran bahan lain di dalamnya.

5. Madu yang asli tidak terkaramelisasi

5 Cara Bedakan Madu Asli dan Palsu, Biar Kamu Gak Salah Beli youtube.com/Mamu Borah
Kalau sudah terlanjur membeli madu, bisa dicoba memanaskan madu yang kamu miliki tanpa ditambahkan bahan apa pun. Madu yang telah dicampur gula, akan menggumpal atau terkaramelisasi.
Sedangkan madu yang asli, akan tetap berbentuk cairan dan hanya menunjukan buih meski setelah dipanaskan. Perubahan rasanya pun tidak signifikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cara mengetahui perbedaan madu asli dan palsu

1. Tes Madu dengan Air Coba saja campur madu dengan air jika asli maka tak akan mudah bercampur. Siapkan segelas air lalu ma...